Senin, 20 April 2015

Tugas Praktek Kombis : Promosi Diploma III Ekonomi UNSRI

Hasil gambar untuk lambang unsri  FAKULTAS EKONOMI DIPLOMA III UNSRI

                                                                                                                 Sejarah Singkat
Gambar : Kampus DIII Ekonomi UNSRI

 Fakultas Ekonomi didirikan pada tanggal 31 Oktober 1953 di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Syakhyakirti yang berstatus swasta. Kemudian, menjelang peresmian Universitas Sriwijaya pada tanggal 17 September 1960, Fakultas ini diserahkan oleh pihak Yayasan kepada Universitas Sriwijaya beserta seluruh mahasiswa, dosen, dan pegawai administrasinya, yang kemudian merupakan cikal bakal Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya. Pada saat peresmian Universitas Sriwijaya, 3 November 1960 (PP Nomor: 42 Tahun 1960 tanggal 29 Oktober 1960), Fakultas ini hanya mempunyai satu jurusan, yaitu Jurusan Ekonomi Perusahaan yang kemudian diubah menjadi Jurusan Manajemen.

            Tanggal 14 Februari 1961 dibuka Fakultas Ekonomi cabang Lampung, dan pada tahun 1963 memisahkan diri dari Fakultas Ekonomi Unsri. Berdasarkan SK Rektor Nomor: 4263/A/I/1965 dibuka Fakultas Ekonomi cabang Bangka, dan pada tanggal 22 November1983 ditutup.

            Tahun akademik 1962/1963 Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya membuka 2 jurusan baru, yaitu Jurusan Akuntansi dan Jurusan Umum yang kemudian diubah menjadi Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Berdasarkan SK Ditjen Dikti Nomor: 212/Dikti/Kep/1996, sejak 1996, Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan diubah namanya menjadi Jurusan Ekonomi Pembangunan.

            Tanggal 23 November 1965, Fakultas Ekonomi membuka Program Extension dengan Jurusan Ekonomi Perusahaan (sekarang menjadi Jurusan Manajemen). Dalam kurun waktu 1983-1986, program ini tidak menerima mahasiswa baru. Barulah pada tahun akademik 1987 program ini kembali menerima mahasiswa baru. Kemudian, pada tahun akademik 1993/1994 dibuka Jurusan Akuntansi, dan pada tahun akademik 2001/2002 dibuka jurusan Ekonomi Pembangunan. Sejak tahun 2009 Program Extension Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya tidak ada lagi, ini sesuai dengan surat edaran Dikti Nomor: 595/D5.I/2007 tanggal 27 Februari 2007

            Kegiatan perkuliahan pada awalnya diselenggarakan di kampus Bukit Besar Palembang. Akan tetapi dengan dibangunnya kampus baru di Indralaya, mahasiswa tahun akademik 1993/1994 mulai kuliah di Kampus Indralaya dan sejak tanggal 1 Februari 1995 kegiatan akademik untuk mahasiswa jalur penerimaan pusat (SNMPTN/SBMPTN) seluruhnya diselenggarakan di Kampus Indralaya. Kampus Palembang hanya menyelenggarakan kegiatan akademik untuk mahasiswa jalur penerimaan lokal (USM).

            Fakultas Ekonomi juga menyelenggarakan Program Diploma Tiga (D-III) sejak tahun 1983. Program ini merupakan hasil perubahan lembaga Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan. Adapun program pendidikan ahli ini merupakan passing out Akademi Administrasi Negara pada 1975. Sampai saat ini Program Diploma Tiga (D III) mempunyai dua program studi, yaitu Program Studi Kesekretariatan dan Program Studi Akuntansi, dengan 8 konsentrasi (Akuntansi Keuangan Umum, Akuntansi Perpajakan, Akuntansi Syariah, Akuntansi Keuangan Daerah, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Perbankan Syariah, dan Kesekretariatan)

 Visi dan Misi   :

  1. Menyelenggarakan, membina dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran di Fakultas Ekonomi dalam upaya menghasilkan manusia terdidik yang dapat menerapkan, mengembangkan dan atau menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Menyelenggarakan, membina dan mengembangkan penelitian di Fakultas Ekonomi dalam rangka menghasilkan pengetahuan empiric, teori, konsep, metodologi, model atau informasi baru yang memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Menyelenggarakan, membina dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dalam upaya memberikan sumbangan demi kemajuan masyarakat
  4. Menciptakan suasana akademik yang kondusif di lingkungan kampus dan membangun kerjasama dengan perguruan tinggi di kawasan Asean pada khususnya dan Dunia pada umumnya.
      
KEUNGGULAN PROGRAM DIPLOMA III UNSRI

1.      1.  Mata kuliahnya bertujuan memberikan skill/vokasional
        2.  Masa studi singkat cuma kurang lebih 3 tahun (D3)
        3.   Membekali praktik lebih banyak dan pembelajaran yang lebih spesifik
        4.  Tugas akhir berupa kerja praktik dan laporan
        5.  Melahirkan tenaga terampil berkualifikasi pendidikan tinggi formal ke dunia usaha/industri
6      6.  Bergelar Ahli Madya/A.Md. (D3)

Gambar : Para Calon Mahasiswa/i yang memperebutkan kursi di Fakultas Ekonomi Diploma III UNSRI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar